Trik Jitu Buat Membuat Skripsi Sejarah



Membuat Skripsi, itu adalah tugas wajib Mahasiswa tingkat akkhir, tanpa membuat skripsi Persyaratan Penting untuk wisuda tidak terpenuhi. Kalau berbicara masalah skripsi bagi mahasiswa itu menjadi sebuah beban, Terbayang betapa sulitnya membuat skripsi itu. Mengetiknya berlembar- lembar, Mencari Rujukannya, Judulnya ntah apa. Belum Tentu Juga Dosen Pembimbing Merestui apa yang kita Buat, Ok kalau dapat Pembimbing yang care, gimana kalo susah ketemu aja minta ampun saking sibuknya. Ketika udah ketemu kritiknya lebih pedas lagi itu yang salah inilah, membayangkannya aja menakutkan apalagi menjalankannya.
Ditambah dengan melihat kesenior yang lama tamatnya ketika ditanya belum wisuda juga Kak bang? Ternyata kesandung sama Skripsi lagi. Imeg yang demikian banyak orang mengambil jalan pintas, tamat duluan aja deh tanpa Ijazah, kabar- kabar angin katanya Skripsi bisa dipesan ke seseorang gitu tinggal lihat berapa tebalnya kantong. Sekarang buang jauh- jauh fikiran galau kayak gitu deh mendingan bersenang- senang yuk dengan trik Jitu dari saya yang sudah diramu dengan berbagai ramuan Para senior Sejarawan Yang telah sukses.
Untuk menulis bekal pertama yang harus kita punya adalah Membaca, tanpaa Membaca tidak ada ide dan fikiran yang bisa kita sumbangkan, apalagi sejarah, sejarah itu tanpa tulisan tidak ada, sumber sejarah itu ada pada Tulisan “ No Document No History”. Karena dengan Membaca, lahirlah Inspirasi, ada Pengetahuan yang dapat dan ini bermamfaat untuk mentukan apa Tema Skripsi yang akan kita buat. Dengan membaca apa kejadian Sejarah yang belum ditulis kita jadi tahu. Kemudian Rajinlah Hadir Dalam Forum Diskusi, Seminar dan setang apazjenisnya, disana kita akan dapat info tentang hal baru, tentang informasi terkini dan lainnya. Jangan Malu Untuk Bertanya, kepada Dosenmu, temanmu, orang- orang disekitarmu, karena berita dan cerita yang belum terungkap bisa kamu tuliskan menjadi Kejadian yang menyejarah.
Setelah kamu dapatkan tema, janganlah puas sampai disana karena kamu baru akan memulainya, carilah informasi mengenai itu Contohnya Skripsi Yang akan saya buat, tentang Pengaruh Pemikiran Mohammad Natsir di Malaysia” buku tentang Mohammad Natsir yang ditulis oleh orang lain jadi koleksi bacaan, apalagi buku karangannya sendiri, kemudian forum yang ada membicarakannya seminar, diskusi biasa dikunjungi dan membawanya juga untuk diskusi dengan dosen, bagaimana tema saya ini pak? Apakah Masih relefan untuk sekarang? Karena tulisan tentang mohammad Natsir Sudah banyak, hampir kesemua dosen sejarah yang ada di Unand  saya coba untuk mendiskusikannya, tentunya sudah saya diskusikan juga dengan dosen saya yang ada di Malaysia dulunya. Alhamdulillh pernah Mengecap Pengalaman Untuk ikut Pertukaran Pelajar di Universiti Malaya Kuala Lumpur. Semuanya memberi support, karena belum ada orang menulis tentang Mohammad Natsir yang di Malaysia.
Dokumen tentang Mohammad Natsir yang ada di Malaysia sudah Mulai saya kumpulkan, kemudian ketika sudah kembali ke Indonesia dan mulai kuliah tentang metode sejarah langsung apa yang saya dapatkan ilmunya di perkuliahan dan diterapkan kedalam bahan yang sudah ada. Pertanyaan pertama untuk tema yang saya pilih adalah kenapa kamu memilih itu? Apa Istimewanya? apa menariknya? Jadi apa tema skripsi yang bakal kamu tulis harus bisa menjawab pertanyaan ini, jangan sekedar memenuhi syarat untuk menyelesaikan perkuliahan saja.
Kemudian dalam menulis latar Belakang skripsi ambil benang merahnya zaman sekarang, maksudnya disini fenomena yang kita tulis kaitkan dengan keadaan sekarang kalau tema saya ini berkaitan dengan Mohammad Natsir Fenomena sekarang adalah bagaimana keteladanan dalam memimpin apalagi dibandingkan dengan pemimpin Indonesia hari ini, bisa juga dengan kehadiran Mohammad Natsir, peristiwa Ganyang Malaysia, Peristiwa Blokade Budaya Mohammad Natsir menjadi sebuah rujukan pemecahan masalah.
Setelah selesai latar belakang lanjut ke batasan masalah, baik berupa pertanyaan maupun pernyataan, banyak yang mikir wah Cuma buat pertanyaan itu sih mudah, ada satu hal yang perlu kita perhatikan disini. Sebuah pertanyaan itu menggambarkan kualitas dari otak orang tersebut, apakah? Dimanakah? Siapakah? Anak TK pun bisa bertanya, tapi bagaimana pertanyaan kita   disini yang bisa menggali isi dari yang kita tulis, menggambarkan ke kritisan kita dalam menghadapi masalah tersebut.
Selanjutnya Tujuan dan Mamfaatnya yang tidak kalah pentingnya habis itu adalah dalam menulis kerangka analisis, bisa diambil dari pengertian judul, masalah dan teori yang digunakan dalam menulis. Teori dalam penulisan sejarah ibarat pisau yang mempertajam, apa teori yang tepat digunakan dalam menganalisa masalah yang kamu angkatkan. Inilah mamfaatnya Ilmu Sosial untuk Ilmu sejarah, ilmu sosial itu posisinya dengan ilmu sejarah ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan mereka saling membutuhkan dan saling mendukung.
Selanjutnya bagaimana metode penelitian dan bahan sumber daan sistematika penulisan nah ini baru bab pertama loh belum yang lainnya jika udah selesai dan ok ini semua, dan udah direstui pembimbingmu selamat seminar semoga kamu lulus. Jika udah lulus silahkan lanjut tahap selanjutnya. Selamat meneliti dan menulis skripsi.

0 Comments