Sekolah Rakyat

Sekolah Rakyat
Sekolah Rakyat (SR) mungkin terdenar aneh bagi gernerasi muda yang ada saat ini. tapi tidak untuk mereka yang hidup dan besar ditahun-tahun awal kemerdekaan.Sekolah Rakyat adalah sekolah yang diperuntukkan bagi rakyat pribumi yang juga dikelola pribumi pada masa Kolonial. Sekolah itu pada saat itu sebagian besar dibiayai dan didanai sepenuhnya oleh rakyat.Sekolah seperti itu lazim disebut dengan sekolah partikelir atau sekolah swasta.
jika kita kembali pada masa sekarang Sekolah
Rakyat yang namanya Sekolah Rakyat mungkin tidak ada lagi,. namun sekolah yang dibiyai oleh saku rakyat masih banyak. ini lah sekolah rakyat sepenuhnya. Kita boleh saja telah merdeka namun Sekolah Rakyat masih banyak. bahkan dengan segala kebijakannya sekolah rakyat benar-benar lepas dan harus berusaha sendiri.sekolah ini tidak masuk kategori apa-apa, tidak berstandarbaik guru apalagi fasilitas. jauh dari standar. sekolah Rakyat.

memasuki bulan Ramdhan Sekolah Rakyatpun sibuk. mengetuk pintu para dermawan agar mau menyumbangkan sebagian hartanya demi kalangsungan dan pembangunan Sekolah Rakyat. Ironis memang ditengah kemerdekaan yang telah kita raih selama lbih setengah abad Sekolah Rakyat masih ada dan harus mengemis kesana kemari. Siapa mau peduli dengan sekolah ini? sekolah yang secara langsung telah meringankan beban pemerintah dengan memberikan pendidikan murah, bahkan gratis bagi mereka yang tidak mampu. Siapa peduli dengan keluh kesah mereka?Sementara pemerintah sibuk mengurus sekolah berstandar, melengkapi semua fasilitasnya. Siapa peduli?Upik Kamalia

0 Comments